Wisata Sawah Huntu Selatan
Dok. Eksklusif @kobo.fya

Wisata Sawah Huntu Selatan, Sawah Idaman Buruan Wisatawan

33 Shares
33
0
0

Kamu suka jalan-jalan? Kemana? Muncak ke gunung, main air di pantai, atau hunting foto di tempat-tempat bersejarah?

Pernah terbayang gak refreshing di sawah? Iya, sawah sob!

Selama ini kan kita tahunya sawah itu ya tempat untuk petani menanam padi, lumbung makanan pokok masyarakat Indonesia, bahasa kerennya lahan untuk produksi menjaga ketahanan pangan negara.

Mungkin juga kita punya kenangan memorable masa kecil suka main di sawahsama teman-teman. Bener gak? atau jangan-jangan pernah juga kamu nyari belut di sawah untuk lauk makan di rumah?

Nah, di Gorontalo ada destinasi wisata alternatif bagi kamu yang suka mondhalengo (bahasa Gorontalo jalan-jalan). Namanya, Wisata Sawah Huntu Selatan.

Lokasi Wisata Sawah Huntu Selatan

Dok. Eksklusif @zayhabibie_

Wisata Sawah Huntu Selatan merupakan sebuah obyek wisata yang berada di Desa Huntu Selatan, Kecamatan Bulango Selatan, Kabupaten Bone Bolango, Provisi Gorontalo.

Letaknya nggak jauh dari Pusat Kota Gorontalo, cuma sekitar 8 kilometer atau kurang lebih 20 menit lama perjalanan yang bakal kamu tempuh.

Dari pusat pemerintahan Kabupaten Bone Bolango juga sama, hanya perlu waktu gak sampai setengah jam untuk sampai di destinasi wisata kreatif ini.

Salah satu destinasi wisata Gorontalo yang unik ini awalnya berasal dari momen Kepala Desa Huntu Selatan yang berkesempatan studi banding ke desa di Pulau Jawa.

Berkat masukan dari tokoh masyarakat dan pemerintah kecamatan untuk membuat wisata yang belum pernah ada sebelumnya di Bone Bolango, akhirnya tercetuslah ide ekowisata berbasis sawah.

Apa yang Menarik di Wisata Sawah Huntu Selatan?

Konsep ekowisata menjadi dasar terbentuknya wisata yang pertama kali viral di masa pandemi covid-19 ini, karena pertanian merupakan sektor unggulan di Desa Huntu Selatan.

Mulai diresmikan pada 20 September 2020 oleh Bupati Bone Bolango, Bapak Hamim Pou, project pariwisata ini dikembangkan Pemerintah Desa dengan bekal dana desa, dimana Kelompok Sadar Wisata Desa didaulat menjadi pengelola.

Selain Petani tetap bisa menggarap sawah, mereka juga dapat keuntungan dari kontrak pinjam pakai dengan pengelola wisata, karena lahan pertanian mereka dijadikan objek wisata.

Sebetulnya, konsep Wisata andalan desa ini terbilang sederhana lho sob, tapi mampu mendongkrak perekonomian masyarakat Desa Huntu Selatan.

Wisata ini dibangun dengan ide utamanya yakni sebuah koridor sepanjang 250 meter yang menyusuri beberapa petak sawah.

Selain itu, ada beberapa saung atau gazebo yang bisa Sobat Wigo jadikan tempat nyantai bareng teman-teman, keluarga atau pasangan.

Wisata Sawah Huntu Selatan
Dok. Eksklusif @dewihunsel

Di kompleks wisata yang kadang juga disebut Wisata Pertanian Huntu Selatan ini juga terdapat warung-warung yang menjajakan kuliner siap kamu santap selama menikmati persawahan asri Gorontalo.

Para wisatawan yang hobi selfie benar-benar dimanjakan disini, karena selain pemandangan hamparan sawah yang hijau menyegarkan mata, beberapa spot unik nan instagramable dibangun oleh pengelola.

Harga Tiket Masuk Wisata Sawah Huntu Selatan

Untuk memasuki destinasi ini Sobat Wigo cukup membeli tiket masuk yang gak bikin kantong bolong.

Pengelola yang diamanahkan Pemerintah Desa Huntu Selatan mematok tarif masuk Wisata Sawah Huntu Selatan hanya 5000 rupiah, murah kan guys?

Rekomendasi Waktu Berkunjung Terbaik

Mulai dibuka pukul 06.00 WITA dan ditutup pada pukul 21.00 WITA, para wisatawan bisa menikmati berbagai momen menarik dengan suasana yang berbeda.

Di pagi hari kamu bisa menikmati sawah dengan udara segar sembari menyaksikan matahari terbit dari timur Bone Bolango yang dihiasi pegunungan.

Kalau Sobat Wigo pengen memburu foto dengan latar sunset cantik berlatar sawah hijau segar, datanglah sore hari ke Wisata Sawah Huntu Selatan.

Gak ada waktu di siang hari? Kamu bisa coba kesini malam hari, bagus juga buat yang suka suasana malam, karena sepanjang koridor wisata ini dihiasi kelap kelip lampu yang keren!

Objek Wisata Terdekat Wisata Sawah Huntu Selatan

Kabupaten Bone Bolango punya banyak wisata populer seperti Taman Laut Olele dan Hiu Paus Botubarani.

Kalau mau keliling untuk menikmati wisata di Bone Bolango saja gak cukup sehari.

Selain ke Desa Wisata Huntu Selatan, kamu bisa menikmati keindahan Gorontalo dari atas bukit di Bukit Arang Lonuo atau Puncak Peyapata yang masuk Taman Nasional Bogani Wartabone juga bisa.

Gimana, udah gak sabar menikmati Wisata Sawah Huntu Selatan dan berbagai destinasi wisata Gorontalo lainnya di Bone Bolango?

Let’s Wigo!

33 Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like