Destinasi Wisata

Whale Shark Gorontalo: Menyelam Asik Bareng Hiu Paus Raksasa

Whale Shark Gorontalo menambah lagi katalog wisata Indonesia, hadirnya hiu paus di Gorontalo menjadikan Indonesia sebagai surganya para pelancong.

Hadirnya kawanan hiu paus (Rhincodon typus) di Gorontalo, tepatnya di desa Botubarani pertama kali pada saat bulan November 2016.

Kehadiran hiu paus ini menjadi kado istimewa dari yang kuasa untuk pariwisata Indonesia khususnya Provinsi Gorontalo.

Sejak hadirnya hiu paus di Gorontalo menjadi daya pikat tersendiri untuk wisatawan lokal dan Mancanegara.

Buat kamu yang membutuhkan referensi untuk berwisata dengan nuansa sajian yang berbeda boleh dicoba untuk berkunjung ke Gorontalo untuk menikmati wisata amazing yang mungkin belum pernah kamu temui.

Mengenal Whale Shark Gorontalo

Whale Shark Gorontalo berada pada perairan teluk tomini, mamalia raksasa ini memiliki nama latin (Rhincodon typus) atau lebih di kenal dengan hiu paus.

Mamalia ini berukuran paling kecil 3.5 meter dan paling besar yaitu 6 meteran serta dikategorikan dalam hewan individu juvenil atau termaksud kategori belum dewasa.

Mamalia ini makanan favoritnya yaitu kepala udang, hal ini menurut banyak pihak menjadi penyebab datangnya Whale Shark ini ke perairan teluk tomini, karena disana terdapat pabrik dengan limbah kepala udang.

Lokasi Whale Shark Gorontalo

Lokasi wisata hiu paus ini terletak desa wisata Botubarani, kecamatan Kabila Bone Kab Gorontalo.

Lokasinya terletak tidak jauh dari kota Gorontalo, bisa di tempuh dengan menggunakan transportasi lokal seperti bentor dengan waktu kurang lebih 30 menit saja, atau jika dari bandar udara memakan waktu 1,5 Jam.

Cukup mudah bukan, jadi anda bisa menginap di penginapan atau hotel yang berada di kota Gorontalo.

Tarif Masuk Ke Whale Shark Gorontalo

Sekedar informasi, bahwa hiu paus yang ada di Gorontalo tidak seperti berwisata ke sea world, hiu ini hidup di lautan bebas tanpa sekat sama sekali.

Tarif masuk untuk menikmati wisata hiu paus biayanya sangat murah, anda hanya perlu untuk membayar tiket masuk, menyewa perahu, perlengkapan menyelam dan makanan hiu paus (udang).

Jika dirincikan…

Tiket Masuk : Rp. 35.000
Sewa Perahu : Rp. 80.000
Perlengkapan Menyelam : Harga Variatif
Makanan Udang : Rp 10.000

Waktu Berkunjung Ke Wisata Hiu Paus Gorontalo

Sejak muncul pada tahun 2016, mamalia tercatat sudah berulang kali datang ke perairan teluk tomini, terakhir tercatat pada tahun 2019.

Jumlah hiu paling sedikit satu ekor dan paling banyak 4 ekor dan rata-rata berjenis kelamin jantan.

Sebagai catatan buat kamu yang ingin menikmati hiu paus, bahwa mamalia raksasa ini tidak selalu bisa di temukan, jadi belum tentu ketika anda ke Gorontalo bisa langsung menyaksikan hiu paus.

Namun dalam catatan sejak tahun 2016-2019 kebanyakan hiu paus ini lebih sering datang direntang bulan April sampai dengan bulan Juli. Namun itupun tidak menentu. Karena dibulan-bulan lainpun datang tapi intensitasnya tidak sering.

Selain itu di setiap kedatangannya juga hanya beberapa hari saja, paling lama pernah sampai 28 hari.

Oleh sebab itu jika kamu berenca untuk ke tempat wisata hiu paus sebaiknya menghubungi guide wisata ataupun masyarakat setempat.

Hal Yang Harus Di Hindari Saat Wisata Whale Shark Gorontalo

Sebagai peringatan untuk kamu yang sedang berwisata ke hiu paus sebaiknya jangan terlalu dekat, dikarenakan demi menjaga keselamatan diri.

Selain itu jangan sampai kamu mengusik hiu paus dengan cara mengejar atau naik ke punggung hiu paus saat menyelam, hal ini dapat mengakibatkan hiu tersebut merasa tergangu dan pergi meninggal perairan teluk tomini.

Wisata Terdekat Dari Lokasi Wisata Hiu Paus

Lokasi wisata ini terletak di desa wisata Botubarani dimana selain wisata hiu paus kamu pun bisa langsung trip mengunjungi wisata terdekat lainnya seperti Bukit Cinta Gorontalo. Tempat ini tidak kalah serunya.

Oke sekian dulu informasi wisata Gorontalo, ayo dukung terus pariwisata Indonesia dengan terus mengkampanyekan dan menjaga kelestarian lingkungan.

Show More

uti

Lahir dan Besar Di Gorontalo, Seorang traveler lokal yang menghabiskan banyak waktu liburan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di Gorontalo

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close