Destinasi WisataGorontalo Utara

Pulau Saronde, Mutiara Nirwana Lautan Utara Gorontalo

Indonesia dikenal sebagai negara besar yang tersusun dari gugusan pulau. Dari 5 pulau besar, beribu pulau sedang hingga kecil menghiasi nusantara.

Pulau-pulau mungil Indonesia bukan sekedar pelengkap, tapi justru disana banyak ditemukan ‘surga’ yang tersembunyi diantara samudera pasifik dan hindia.

Kalau kamu pernah berkunjung ke pulau-pulau hits destinasi wisata, kamu perlu tahu, di Gorontalo juga ada lho!

Namanya, Pulau Saronde, sebuah mutiara panorama alam di lautan bagian utara Gorontalo.

Mungkin sobat Wigo hanya familiar dengan wisata bawah laut olele, tapi pulau Saronde menawarkan juga hal-hal baru.

Pulau Saronde
Welcome to Sarone Island

Secara administratif, pulau kecil ini masuk dalam wilayah Kabupaten Gorontalo Utara, tepatnya di kecamatan Ponelo Kepulauan dengan luas 7,832 kilometer persegi yang mekar dari Kecamatan Kwandang sejak tahun 2012.

Dilansir Website Resmi Pemprov Gorontalo, luas pulau ini sekitar satu kilometer persegi.

Kaos Pulo Cinta

Jika Sobat Wigo memulai trip menuju pulau yang diambil dari nama salah satu tarian Gorontalo ini dari bandara, butuh waktu kurang lebih 50 menit sampai ke Pelabuhan Kwandang.

Selanjutnya, kapal bermotor akan membawa wisatawan mengarungi lautan selama 45 menit.

Terkini, harga sewa per-kapal untuk perjalanan PP dengan maksimal penumpang 10 orang hanya 450 ribu rupiah.

Selama perjalanan, kalau cuaca sedikit berangin, pengunjung akan merasakan sensasi ombak, tapi tenang saja, sang nahkoda perahu lihai mengarungi lautan.

Di sebelah kiri, kita akan melihat pulau Ponelo, satu-satunya pulau yang berpenghuni diantara gugus pulau Kecamatan Ponelo Kepulauan.

Putih Pasir Pantai, Laut Biru Gradasi, Hijau Pepohonan Pinus

Pulau Saronde
Dok. Eksklusif @yusni_mustafa

Sobat Wigo, sungguh, pulau Saronde nyata karunia Maha Kuasa yang dijatuhkan di bumi Gorontalo.

Belum turun saja, kamu sudah disuguhkan pemandangan bawah laut ikan-ikan yang bermain diantara terumbu karang, sesaat sebelum perahu bersandar.

Dermaga Apung Pulau Saronde nan cantik, salah satu spot foto instagramable

Saronde memang tak besar, tapi mungilnya menyimpan berbagai keindahan yang akan menjadi pengalaman menarik setiap pengunjungnya, dan pastinya, instagramable!

Pasir putih terlihat mengitari sekeliling pulau, dihempas gelombang lembut laut Sulawesi yang warnanya biru gradasi, benar-benar memanjakan mata yang lelah menyaksikan hiruk pikuk perkotaan.

Pantai Pulau Saronde
Paduan Pasir Putih dan Biru Gradasi Pantai Pulau Saronde

Situs resmi Pulau Saronde dalam lamannya menyebutkan, terumbu karang dan kehidupan biota laut di sekeliling pulau ini memiliki kemiripan dengan Taman Laut Bunaken, Manado.

Menurut para nelayan lokal, terkadang muncul Ikan Pari, Hiu Paus, Paus Sperma, hingga Duyung / Dugong.

Bagi yang suka snorkeling, gelombang laut Saronde cukup tenang untuk berenang santai.

Bermain-main di atas pasir pantai, main air atau sekedar santai di tenda atau tikar yang dibawa, itu saja sudah cukup hilangkan penat lho.

Pulau Saronde ditumbuhi pepohonan pinus yang membuat wisatawan teduh dan nyaman menikmati panorama alam.

Di hutan kecil ini, bersarang burung Pergam Laut (Ducula bicolor) yang satu kelompok dengan burung jenis Merpati dan Dara.

Pulau Saronde
Hutan Pinus Pulau Saronde | Dok. Eksklusif @yusuf_emy

Pada bagian utara pulau, terdapat bebatuan besar yang terbentang cukup panjang hampir seperempat keliling pantai, cukup aman untuk kamu eksplorasi juga.

FYI, Pulau Saronde pernah disinggahi kapal-kapal pesiar lho.

Kapal-kapal ekspedisi “YACHT” ini berasal dari Inggris, Kanada, Amerika, New Zealand, dan Australia bersandar pada tahun 2015, bertepatan juga dengan event berskala nasional “Sail Tomini” dan Festival Pesona Saronde.

Festival Pesona Saronde

Dalam rangka mempromosikan Pulau Saronde sebagai destinasi wisata bahari yang menarik bagi turis nasional maupun mancanegara, Pemda Gorontalo Utara membuat agenda tahunan bernama Festival Pesona Saronde.

Festival ini menjadi event rutin andalan pemerintah daerah untuk memperkenalkan Pulau Saronde yang menjadi salah satu ikon Wisata Gorontalo.

Dimulai pada tahun 2016 yang pada saat itu bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata, Festival Pesona Saronde sukses digelar setiap tahunnya pada bulan September.

Kalau anda ingin mencari waktu yang tepat untuk plesir ke pulau cantik ini, salah satu momen terbaik adalah ketika festival ini diselenggarakan.

Dalam festival ini, kamu bisa menyaksikan berbagai macam atraksi yang menghibur sekaligus menjadikan liburan anda mengesankan, cocok untuk kamu yang suka refreshing dengan mode crowd dan atraksi hiburan.

Mulai dari Reli perahu nelayan tradisional, penampilan budaya khas Gorontalo seperti seni bela diri Langga, kontes tari tradisional, hingga lomba fotografi.

Liburan Sobat WiGo akan lebih sempurna dalam festival ini, karena sambil menikmati pemandangan alam dan menyaksikan berbagai atraksi hiburan, panitia menyiapkan berbagai kuliner khas Gorontalo yang pastinya sayang sekali untuk dilewatkan.

Fasilitas Pelengkap Petualangan

Untuk masuk ke Pulau eksotis ini dan berpetualang sepuasnya, kamu cukup mengeluarkan biaya karcis masuk sebesar 25 ribu rupiah.

Dengan membayar tiket masuk yang sangat terjangkau ini, pelancong sudah membantu pemda setempat merawat dan mengembangkan Pulau Saronde dan spot wisata lainnya di Gorontalo Utara.

Sebagai Destinasi Wisata andalan Gorontalo, Pulau Saronde dilengkapi fasilitas yang cukup komplit.

Pengelola Saronde juga menyediakan resto, ruang pertemuan dan fasilitas MCK, serta beberapa gazebo, demi pelayanan terbaik dan memuaskan pengunjung.

Kalau lapar melanda tapi gak bawa bekal, jangan khawatir!

Resto Pulau Saronde menyajikan berbagai hidangan dan kuliner khas Gorontalo seperti nasi kuning, pisang goreng plus dabu-dabu (sambal).

Yang suka ngopi juga bisa nongkrong sambil nyeruput kopi hangat.

Bagi yang punya hobi main wahana yang menantang adrenalin, disini juga ada lho banana boat, siap memutar dan ‘melempar’ penumpangnya, gembira maksimal!

Untuk kamu yang ingin menginap, pengelola menawarkan fasilitas beberapa cottage yang nyaman untuk bermalam.

Cottage Deluxe Small dengan satu kamar tidur ber-AC dan toilet dipatok seharga Rp 550.000 permalam.

Cottage Deluxe dengan harga Rp 650.000 permalam dilengkapi fasilitas satu kamar ber-AC dan toilet.

Cottage Family berharga sewa Rp 1.350.000 permalam dengan fasilitas dua kamar tidur ber-AC dan toilet.

Jika menginap, kamu punya kesempatan menikmati momen makan malam unik dengan kesan ekslusif, romantis dan pastinya bakal memorable!

Para turis lokal dan mancanegara bisa request dinner outdoor, menikmati kuliner dengan menu utama ikan laut khas Gorontalo, sempurna bersama panorama sunset atau malam bertabur bintang di atas pulau.

Pulau Saronde
Jadikan honeymoon kamu memorable di Pulau Saronde! | Dok. Ekslusif @azzahradam

Fasilitas ini biasanya jadi request khusus para pengantin baru yang honeymoon di Pulau Saronde. Dijamin bakal berkesan bersama pasangan tercinta!

Bermalam di Saronde juga bikin kamu punya kesempatan menyaksikan sunset, sunrise keesokan harinya, plus pemandangan langit malam bertabur bintang tanpa polusi, ditabrak pelan debur ombak pesisir Gorontalo.

Pulau Saronde
Pemandangan langit malam bertabur bintang di atas Pulau Saronde, bersih tanpa polusi udara, menakjubkan! | Dok. Ekslusif @je_akase

Objek Wisata Terdekat

Sobat Wigo, mengeksplorasi keindahan Gorontalo rasanya tak cukup hanya sehari lho.

Kalau kamu berencana datang ke Gorontalo untuk rekreasi ke Pulau Saronde, jangan lewatkan destinasi wisata menarik lainnya.

Tak jauh dari Pulau Saronde, kita bisa menjangkau wisata pulau lainnya, yaitu Pulau Dionumo dan gugusan pulau-pulau kecil lainnya yang ada di utara Gorontalo.

Show More

Afif

Penggemar Wisata Kuliner & Ekowisata | Buah Cinta Gorontalo, Mencintai Gorontalo, Penjelajah Gorontalo bersama Cinta

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close