pantai pohon cinta
Pohuwato

Pantai Pohon Cinta, Pantai Cantik di Pesisir Selatan Gorontalo

Pantai Pohon Cinta jadi salah satu pantai di Gorontalo yang jadi spot favorit buat menikmati momen sunset.

Tak hanya itu saja, karena ada banyak hal menarik yang bisa kamu lakukan di pantai yang satu ini. Dari mencoba kuliner khas hingga berswafoto dengan background pemandangan pesisir pantai yang mempesona.

Tetapi sudah tahu belum dimana lokasi pantai kece yang satu ini dan mengapa disebut dengan Pantai Pohon Cinta?

Sebelum memutuskan pergi liburan ke pantai cantik di Gorontalo ini, simak dulu ulasan berikut selengkapnya.

Asal Usul Pantai Pohon Cinta

Setiap destinasi wisata tentu memiliki asal usulnya tersendiri, begitu juga dengan Pantai Pohon Cinta Gorontalo.

Pantai yang baru diresmikan sebagai destinasi wisata pada tahun 2016 ini memiliki asal-usul nama yang cukup unik.

Nama dari Pohon Cinta ini bermula karena dulunya di area pantai terdapat sebuah pohon mangrove atau bakau yang tumbuh rindang dengan daun-daun yang lebat.

Itulah mengapa, pohon tersebut menjadi tempat favorit bagi muda-mudi yang kebetulan bermain di pantai.

Dari mulai berteduh, maupun saling bercengkrama dengan pengunjung lainnya sambil menikmati suasana pantai yang syahdu.

Dari situlah, muncul banyak cerita muda-mudi yang bertemu dengan jodohnya saat di pantai bahkan sampai lanjut ke jenjang pernikahan.

Karena banyaknya cerita tersebut, akhirnya pantai tersebut pun mendapat julukan Pohon Cinta seperti yang banyak dikenal seperti saat ini.

Tak hanya itu saja, Pantai Pohon Cinta ini memang memiliki nuansa romantis yang bikin betah berlama-lama.

Namun saat ini, pohon mangrove atau pohon cinta yang dimaksud sudah tidak terlihat lagi keberadaannya, sebab telah lama tumbang. Hal ini akibat dari abrasi air laut yang mengakibatkan pengikisan di kawasan pesisir pantai, sehingga pohon bakau tersebut mati dan tumbang.

Itulah mengapa, kamu tidak akan bisa bermain pasir di pantai ini, lantaran sudah dibuatkan struktur pelindung yang mengelilingi pantai untuk mencegah abrasi.

Lokasi dan Rute ke Pantai Pohon Cinta

Berlokasi di Desa Pohuwato Timur, Kecamatan Marisa, Kabupaten Pohuwato – Gorontalo, bisa dibilang pantai ini cukup jauh dari ibukota propinsi Gorontalo.

Setidaknya, untuk bisa sampai ke pantai ini kamu harus melewati dua kota kabupaten. Yakni Boalemo dan Gorontalo dengan jarak perjalanan kurang lebih sekitar 160 km dan waktu tempuh antara 4 – 5 jam.

Namun di kabupaten Pohuwato sendiri, pantai Pohon Cinta ini berada di pusat kota dan dekat dengan kawasan perkantoran yang cukup sibuk. Seperti kantor Bupati, Jadi, bisa jadi tempat untuk hangout setelah seharian sibuk dengan pekerjaan yang cukup melelahkan.

Berikut rute yang bisa digunakan untuk sampai ke Pantai Pohon Cinta Pohuwato dari Gorontalo,

Dari pusat kota Gorontalo lanjutkan perjalanan ke arah Jl. Trans Sulawesi lanjut sampai melewati Danau Limboto. Kemudian lanjut ke Reksonegoro – Bumela – Moelomboelahe – Tilamuta – Bumbulan hingga ke Marisa. Nah di Jika sudah sampai di Marisa, Kamu mengarah saja ke wilayah blok plan dan tanyakan saja lokasi Pohon Cinta.

Daya Tarik Wisata yang Dimiliki

pantai pohon cinta
Foto chimmyphotografhy

Jika bermain ke pantai kebanyakan, pasti yang dituju pertama kali adalah hamparan pasir yang luas. Namun, tidak demikian dengan Pantai Pohon Cinta karena memang tak memiliki hamparan pasir yang bisa jadi ruang bermain.

Namun, pantai ini justru memiliki daya tarik tersendiri yang tak kalah menarik perhatian, berikut ini beberapa diantaranya.

Punya Tempat Nongkrong Asyik

Jangan khawatir jika main ke pantai Pohon Cinta tak bisa bermain di hamparan pasir, sebab kamu masih bisa nongkrong asik di pinggir pantainya.

Lokasi sekitar pantai saat ini sudah dibangun struktur pembatas pantai sedemikian rupa agar mengurangi abarasi.

Ditambah lagi dengan sejumlah fasilitas umum yang cukup banyak, seperti area taman yang dilengkapi dengan bangku taman dan area food court. Sehingga pengunjung yang datang bisa menikmati suasana pantai dengan lebih nyaman.

Spot Terbaik Menikmati Momen Sunset

Pantai di kabupaten paling barat propinsi Gorontalo ini bisa jadi salah satu spot terbaik untuk menikmati suasana sunset di penghujung hari.

Kamu akan disuguhi pemandangan lautan yang begitu menawan dengan ombak yang tenang dan syahdu. Cocok banget buat menghabiskan waktu untuk healing sejenak dari kepenatan yang dirasakan.

Tempat Asyik Berburu Kuliner Lokal

Selain suasana pantai yang syahdu memang cocok untuk dihabiskan sambil menikmati kuliner khas.

Di Pantai Pohon Cinta ini ada cukup banyak stan penjual makanan yang memang difasilitasi oleh pemerintah daerah setempat. Sehingga ada banyak stand penjual makanan dengan menu berbeda yang bisa dipilih.

Tempat Kece Buat Jogging

Pantai Pohon Cinta ini bisa jadi spot asyik buat jogging, lho. Pasalnya, pantai ini sudah dilengkapi dengan jogging track yang ramah untuk penyandang difabel.

Jadi, bisa lebih bersemangat untuk berolahraga, terutama jogging karena ditemani suasana pantai yang menenangkan.

Spot Keren Buat Hunting Foto

Punya hobi fotografi? Pantai yang satu ini bisa jadi spot keren untuk berburu foto, dari mulai foto selfie hingga foto komersial dengan kualitas terbaik.

Selain momen sunset, ada banyak spot kece instagramable yang bisa kamu pilih. Seperti gembok cinta, dermaga, taman bermain di dekat pantai dengan beberapa ikon uniknya dan banyak lagi.

Dekat dengan Spot Wisata Lainnya

Berada di pusat kota Pohuwato yang berada di bagian pesisir, ada banyak destinasi wisata lain tak jauh dari pantai Pohon Cinta yang bisa dikunjungi. Seperti Anjungan Marisa City, dan Mangrove Walking Track yang masih berada di satu kawasan. Atau menyeberang ke Pulau Lahe dengan menggunakan kapal milik nelayan setempat.

Masih di satu jalur, ada pantai lainnya yang juga tak kalah menarik untuk dikunjungi, yakni Pantai Maleo dan Pantai Limbuo. Jika ingin suasana yang agak berbeda bisa pergi ke danau buatan Embung Iloheiuma di Patilanggio, masih di kabupaten Pohuwato. Tempat ini cocok buat kamu yang suka dengan alam dan punya jiwa petualang.

Jika Kamu masih punya banyak waktu, Kamu masih bisa meneruskan perjalanan ke tempat Desa terapung Kampung Torosiaje.

Fasilitas yang Tersedia

Sebagai salah satu destinasi wisata murah yang cukup populer di Pohuwato, Gorontalo, tentu banyak yang ingin tahu apa saja fasilitas yang ditawarkan. Sebab, hal ini bisa memberikan kenyamanan untuk pengunjung yang datang, berikut beberapa diantaranya.

  • Area parkir
  • Taman bermain
  • Stand penjual makanan dan minuman
  • Spot foto
  • Jogging track
  • Jalur khusus disabilitas
  • Dekat dengan hotel dan penginapan

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Ketika pergi ke tempat wisata, harga tiket masuk pasti menjadi pertimbangan pertama selain juga fasilitas yang disediakan tentunya. Untuk memasuki kawasan pantai Pohon Cinta, pengunjung hampir tak dikenakan biaya atau tiket masuk sepeserpun alias gratis.

Jadi, pengunjung bisa menikmati suasana pantai dan berbagai fasilitas yang tersedia dengan gratis tanpa dipungut biaya apapun, termasuk biaya parkir.

Tak heran jika di saat akhir pekan, lokasi pantai Pohon Cinta menjadi cukup ramai dengan banyaknya pengunjung dari berbagai kota.

Apalagi, untuk jam bukanya sendiri juga 24 jam. Jadi bisa datang kapan saja untuk menikmati keindahan alam salah satu pantai Gorontalo dengan lebih leluasa.

Demikian tadi informasi menarik tentang pantai Pohon Cinta Pohuwato, salah satu destinasi wisata pantai di Gorontalo yang tak boleh dilewatkan. Agar jalan-jalan di pantai makin seru, sebaiknya datang di saat hari masih pagi sambil olahraga pagi. Atau di saat sore menjelang malam, sebab bisa sekaligus menikmati momen sunset dan suasana pantai di malam hari. Semoga bermanfaat!

Posted by
Afif

Penggemar Wisata Kuliner & Ekowisata | Buah Cinta Gorontalo, Mencintai Gorontalo, Penjelajah Gorontalo bersama Cinta