pantai bolihutuo landscape
Boalemo

Pantai Bolihutuo, Wisata Bahari Paling Kekinian Di Boalemo

Kabupaten Boalemo banyak wisata pantai yang cantik dan menawan, satu diantaranya yakni pantai Bolihutuo. Pantai yang dihiasi pepohonan pinus ini cocok jadi destinasi liburan bersama keluarga.

Suasana tepi laut yang tenang, damai dan syahdu dengan hamparan pasir putihnya seakan sayang jika dilewatkan begitu saja.

Buat kamu yang sedang merencanakan liburan akhir pekan bareng keluarga atau sekedar jalan-jalan buat hunting foto kekinian, cobalah datang ke Pantai Bolihutuo. Tapi sebelum itu, simak dulu ulasan berikut selengkapnya.

Sekilas Tentang Wisata Pantai Bolihutuo

Jalan Masuk Pantai Bolihutuo
Foto: Instagram @idaetung_

Tahukah kamu, jika nama Pantai Bolihutuo hanyalah sebutan dan bukan merupakan nama resmi dari pantai cantik dengan pasir putihnya yang terhampar luas ini, lho.

Destinasi ini diresmikan dengan nama Objek Wisata Pantai Boalemo Indah. Nama tersebut diambil dari nama kabupaten dimana pantai tersebut berada, yakni kabupaten Boalemo. 

Kamu bakal dimanjakan dengan air lautnya yang biru dengan ombak yang berkejar-kejaran menambah eksotisme pantai. Selain itu, pantai yang berada di wilayah pesisir Teluk Tomini ini juga punya area pantai yang terbilang luas dengan suasana yang tenang dan nyaman. Sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan lanskap pantai dengan lebih puas.

Pantai cantik yang dihiasi pohon-pohon pinus di tepi pesisir Teluk Tomini ini pengelolaannya bisa dibilang cukup profesional. Ini lantaran pengelolaannya selain dikelola pemerintah daerah juga mendapatkan pengelolaan serius oleh pihak swasta melalui kerjasama.

Saat ini pantai Bolihutuo memiliki fasilitas resto & resort dengan nama Cabana yang di resmikan oleh mantan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie pada 12 Desember 2020.

Hal tersebut bertujuan untuk terus berupaya mengembalikan dan mempromosikan potensi wisata yang dimiliki Pantai Bolihutuo. Sebab itu, jangan heran jika pantai cantik ini sudah dilengkapi sejumlah fasilitas dan ragam aktivitas menarik.

Lokasi dan Rute Perjalanan

Berada di kawasan desa Bolihutuo, Botumoita, Boalemo – Gorontalo, pantai cantik ini bisa dijangkau dengan mudah. Baik dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum, apalagi lokasi pantai ini juga persis di tepi jalan Trans Sulawesi, jadi aksesnya jadi lebih gampang dijangkau.

Jarak dari pusat kota Boalemo sekitar 22 km dengan waktu tempuh kurang lebih sekitar 35 km. Sementara dari Gorontalo sekitar 124 km dengan waktu tempuh sekitar 4 jam. Berikut ini beberapa rute yang bisa digunakan.

  • Dari Kota Gorontalo, ambil arah ke Jl. Raja Eyato menuju Jl. Usman Isa – Jl. Raya Batudaa. Lanjut ke Jl. Batu Doa ke arah Jl. Isimu – Gorontalo masuk ke Jl. Trans Sulawesi hingga masuk kabupaten Boalemo dan tetap di Jl. Trans Sulawesi hingga pantai Bolihutuo.
  • Dari kota Boalemo, dari alun-alun kota Boalemo ambil arah ke Jl. Trans Sulawesi. Tetap di jalan ini sekitar 21 km hingga ke pantai Bolihutuo.

Hal Menarik dari Pantai Bolihutuo

pantai bolihutuo landscape
Foto Ekslusif : @alanramadhan_

Kamu tak hanya akan dimanjakan dengan suguhan landskap alam pantai yang mempesona. Tetapi ada banyak pengalaman menarik lainnya yang bisa kamu rasakan di tempat ini. Berikut beberapa diantaranya.

Cocok buat healing

Suasana pantai yang syahdu dan mempesona dengan alam yang cantik menjadikannya cocok sekali buat tempat healing dari kepenatan rutinitas sehari-hari. Suara deburan ombaknya menambah syahdu suasana pantai yang mendayu-dayu.

Kamu sekarang bisa bermalam dengan nyaman dengan menyewa resort yang sudah di sediakan atau mendirikan tenda di pinggir pantai.

Destinasi seru buat liburan keluarga

Pantai Bolihutuo memiliki hamparan pasir yang cukup luas, sehingga cocok buat menghabiskan waktu seru-seruan bareng keluarga di akhir pekan. Misalnya saja camping atau sekedar piknik sederhana menikmati suasana pantai.

Tak hanya itu, ada banyak wahana permainan anak seru yang bisa dicoba. Bahkan ada Waterboom yang berada tak jauh dari area pantai, jika kamu ingin melakukan aktivitas seru selain di pantai. Atau kamu juga bisa mencoba wahana permainan air seperti jet ski, kapal motor, snorkeling dan banyak lagi.

Menikmati momen sunset

sunset di pantai bolihutuo
Foto : Instagram @fahtiar_

Meski tak se-epik sunset di pantai-pantai populer kekinian, momen sunset di Pantai Bolihutuo tetap tak kalah menawan. Warna langit yang berubah menjadi jingga keemasan ketika matahari beranjak ke peraduannya menghiasi pemandangan senja.

Agar bisa menikmati momen sunset dengan puas, datanglah di waktu siang menjelang sore diatas jam 3 sore waktu setempat. Jangan sampai melewatkan momen ini dengan mengabadikannya menjadi foto epik yang instagramable.

Berkeliling sekitar pantai dengan perahu

Bosan main di pantai dan ingin menikmati suasana pantai dari sudut berbeda? Coba sewa perahu dan ikutlah naik mengelilingi laut di sekitar pantai. Suasananya terasa begitu tenang dan menyenangkan, ajaklah teman atau keluarga agar pengalaman naik perahu masukin seru.

Seru-seruan diving

Diving Di Pantai Bolihutuo
Foto: Instagram @makalewsasha

Setelah puas berkeliling naik perahu, kamu juga bisa mencoba pengalaman seru diving di pantai Bolihutuo. Meski tak secantik Bunaken atau Wakatobi, tapi keindahan alam bawah lautnya sayang jika dilewatkan. Pastikan, kamu mencoba pengalaman seru diving di pantai cantik di pesisir Teluk Tomini ini.

Family gathering

Kebanyakan perusahaan atau kantor-kantor banyak melaksanakan family gathering di pantai ini, letaknya yang tidak jauh dari kota, luasnya tempat dan fasilitas pendukung menjadikan pantai Bolihutuo destinasi yang paling pas.

Harga Tiket Masuk dan Jam buka

Agar bisa lebih puas menikmati suasana pantai Bolihutuo, kamu perlu membayar tiket masuk terlebih dahulu. Tidak mahal, bahkan sangat terjangkau untuk semua kalangan.

  • Biaya tiket masuk: Rp 5.000 per orang dewasa. Sementara anak-anak cuma Rp 3.000 an saja.
  • Biaya parkir: motor sebesar Rp 2.000 per kendaraan, mobil Rp 5.000/kendaraan.

Selain tiket masuk, ada biaya lainnya yang perlu kamu perhatikan, diantaranya.

  • Biaya menginap di cottage sekitar Rp 150.000 per malam,
  • Sewa perahu per orang Rp 50.000,
  • Sewa alat snorkeling Rp 250.000.

Fasilitas yang Ditawarkan

Serasa ada yang kurang lengkap rasanya jika tempat wisata yang dituju tidak dilengkapi dengan fasilitas pendukung. Tapi kalau di Pantai Bolihutuo, kamu tak perlu khawatir karena fasilitas yang tersedia sudah cukup memadai.

  • Toilet umum dan kamar bilas. Sehabis main pasir dan air di pantai, bisa segera membersihkan diri di toilet yang tersedia.
  • Mushola, cukup untuk menampung pengunjung yang ingin menunaikan ibadah.
  • Lahan parkir, tersedia area yang cukup luas untuk parkir kendaraan agar acara liburan makin asyik.
  • Gazebo, tempat untuk bersantai sambil menikmati suasana pantai yang indah dan syahdu.
  • Cottage atau penginapan, cocok buat kamu yang ingin menikmati suasana malam di tepi pantai yang syahdu.
  • Warung makan, tersedia beragam pilihan warung makan dan resto yang menawarkan jajanan dan makanan khas tepi pantai yang harganya cukup reasonable.
  • Penyewaan perahu, jika ingin menikmati suasana pesisir dari lepas pantai.
  • Taman bermain, cocok untuk tempat bermain anak karena wahana permainan yang tersedia cukup banyak.
  • Penyewaan alat snorkeling, cara seru menikmati alam bawah laut pantai Bolihutuo.

Tips Liburan ke Pantai Bolihutuo

Sebelum pergi ke pantai Bolihutuo, pastikan untuk menyiapkan segala hal dengan baik. Supaya momen liburan tidak terganggu dengan hal-hal yang tak diinginkan. Simak tips berikut ini.

  • Datanglah di pagi hari agar bisa bermain lebih puas di pantai.
  • Hindari siang hari karena cuaca terasa cukup terik. Bila perlu gunakan tabir surya atau pakailah topi untuk melindungi kulit dari sinar matahari.
  • Jika ingin menikmati suasana sunset, datanglah siang menjelang sore sambil menikmati jajanan khas seperti pisang goroho.
  • Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan di sekitarnya dengan buang sampah di tempatnya, agar pantai tidak tercemar.

Wisata Terdekat

Ada banyak wisata bahari yang terdekat dengan pantai Bolihutuo yang tidak kalah cantiknya, seperti Pulo Cinta yang sudah mendunia serta pantai Ratu yang tidak kalah eksotiknya.

Demikian tadi informasi menarik tentang wisata Pantai Bolihutuo, Boalemo – Gorontalo. Pantai cantik yang tersembunyi di pelosok desa, tapi punya banyak hal menarik yang menunggu untuk dijelajahi. Yuk rencanakan liburan dari sekarang.

Posted by
Afif

Penggemar Wisata Kuliner & Ekowisata | Buah Cinta Gorontalo, Mencintai Gorontalo, Penjelajah Gorontalo bersama Cinta