Danau perintis bone bolango
Boalemo

Danau Perintis Bone Bolango, Spot Yang Pas Untuk Healing

Danau Perintis di Bone Bolango sangat cocok buat kamu yang pengen liburan yang hemat budget.

Tempatnya asyik, didukung dengan suasana alam dan lanskap yang adem dan tenang, pas banget buat jadi spot untuk healing sejenak.

Penasaran dengan destinasi di Bone Bolango yang satu ini? Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Sekilas Tentang Wisata Danau Perintis Bone Bolango

Meski berada tak jauh dari kawasan pusat Kota Gorontalo, Danau Perintis memiliki pemandangan alam yang cantik dan asri. Tak heran jika kawasan ini menjadi salah satu destinasi favorit bagi warga Bone Bolango dan sekitarnya.

Dengan luas sekitar 20 hektar, danau ini disebut-sebut sudah lama ada sejak zaman purbakala. Bahkan sejak dulu, danau tersebut telah berperan sebagai ‘kantong air’ bagi lahan pertanian di sekitarnya sampai saat ini.

Tahukah kamu apa makna dari nama Perintis yang disematkan pada danau cantik ini? Bukan sekedar asal memberi nama, nama ‘Perintis’ sendiri merupakan akronim atau gabungan dari beberapa kata. Yakni “Perbaikan Ekonomi Rakyat Indonesia Timur”.

Pemilihan nama ini dianggap sebagai sebuah harapan dalam segi ekonomi, terutama bagi masyarakat di wilayah Indonesia bagian timur. Diharapkan juga, masyarakat bisa mengerti dan memaknai akronim nama tersebut.

Danau Perintis dan Daya Tarik Wisatanya

Layaknya destinasi wisata pada umumnya, tentu Danau Perintis juga memiliki sejumlah daya tarik yang membuatnya selalu ramai dikunjungi. Berikut beberapa diantaranya.

kamping danau perintis
Foto : Instagram @@gerbang_adventure.id

Lanskap danau yang memikat

Danau Perintis memiliki pemandangan alam sekitar yang terbilang masih asri. Di sekeliling tepian danau masih banyak terdapat pepohonan hijau yang rimbun dan lebat. Sehingga menambah suasana sejuk di tepian danau meski cuaca sedang panas.

Selain itu, masih banyak terdengar kicauan burung-burung liar yang saling bersahutan menambah suasana terasa syahdu. Belum lagi, air danaunya juga cukup jernih yang menjadikan pemandangannya begitu mengesankan.

Sehingga jangan heran jika destinasi wisata yang ada di dekat kawasan perkantoran Bone Bolango ini kerap jadi tempat melepas penat.

Bisa jadi spot foto kekinian

Landskap Danau Perintis dengan airnya yang jernih, dikelilingi pepohonan hijau yang rimbun bisa jadi spot foto kece yang instagramable banget, lho.

Kamu bisa hunting spot yang memang dianggap paling kece dibanding yang lain.

Seperti berfoto dengan latar nama danau, atau sambil naik perahu dan lain sebagainya. Apalagi, refleksi dari gunung dan pepohonan di sekitarnya tampak begitu sempurna dan memukau.

Suguhan alam yang cantik, sangat sayang kalau tidak diabadikan dalam bidikan kamera dan di share ke media sosial.

Tempat hangout dan ngabuburit

Suasana tenang dan damai di sekitar danau menjadikannya tempat favorit banyak orang untuk melakukan berbagai kegiatan. Misalnya buat piknik atau sekedar hangout menikmati hawa udara di sekitarnya yang fresh.

Di bulan ramadhan, kawasan di sekitar danau bahkan jadi tempat ngabuburit favorit sambil menunggu adzan Maghrib berkumandang.

Aktivitas jalan-jalan santai di sekitar danau atau sekedar ngobrol dan berkumpul menikmati suasana dengan keluarga atau teman menjadi hal yang cukup menyenangkan.

Cocok buat healing dan menemukan inspirasi

Bahkan, buat kamu yang suka dengan suasana yang sunyi dan tenang untuk mengerjakan projek atau inspirasi, Danau Perintis bisa jadi spot yang tepat.

Lokasinya yang jauh dari jalan raya, membuat suara bising kendaraan jadi sangat minim.

Selain untuk mencari inspirasi, tempat ini juga cocok jadi tempat piknik yang refreshing sekaligus buat healing. Kepenatan setelah bekerja atau menjalani rutinitas sehari-hari yang padat memang harus segera disalurkan.

Nah, Danau Perintis punya suasana yang bisa dibilang sangat cocok untuk melepaskan semua beban itu.

Spot mancing seru

Buat penghobi aktivitas mancing, Danau Perintis juga bisa jadi pilihan yang cukup asyik.

Aktivitas yang sangat menguji kesabaran ini memang punya banyak sekali penggemar.

Banyak terdapat spot mancing yang bisa dicoba dengan tingkat kesulitan berbeda-beda.

Kamu bisa bawa umpan sendiri dari rumah, ada banyak ikan nila yang hidup bebas di danau ini. Jadi jangan takut umpanmu bakalan gak disambar ikan. Optimis aja!

Area perkemahan seru

Kamu termasuk pecinta alam yang suka camping di alam bebas dan menikmati sensasinya yang berbeda?

Nah, setiap hari Sabtu dan Minggu, Danau Perintis dibuka untuk umum bagi yang ingin mencoba berkemah atau camping di alam bebas.

Buat kamu yang pengen banget camping di alam tapi selalu terkendala waktu dan tempat, bisa nih coba camping tipis-tipis di area tepi danau.

Nikmati sensasinya yang mungkin akan terasa berbeda antara siang hari dan malam hari di dekat tepi danau.

Cocok buat jogging dan bersepeda santai

Akses jalan di tepi Danau Perintis bisa dibilang cukup baik, sehingga buat kamu yang suka jogging atau bersepeda santai tempat ini recommended banget.

Kamu bisa datang saat hari masih pagi untuk jogging atau bersepeda untuk menikmati udaranya yang masih sangat segar.

Sambil menunggu momen matahari terbit dan melihat pantulan lanskap gunung dan pepohonan di atas air danau. Amazing banget!

Lokasi dan Rute Perjalanan ke Danau Perintis

Danau buatan dengan view yang cantik ini berada di tengah-tengah Kabupaten Bone Bolango, tak jauh dari kawasan perkantoran dan kampus UNG.

Lokasi tepatnya berada di desa Huluduotamo, kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, provinsi Gorontalo.

Sementara dari pusat kota Gorontalo pun hanya berjarak sekitar 12 km saja dengan waktu tempuh rata-rata sekitar 20-30 menit.

Jadi bisa dibilang destinasi ini cocok banget buat kamu yang mager kemana-mana, karena memang ada di dalam kota. Jadi bisa lebih hemat biaya.

Berikut ini rute perjalanan ke Danau Perintis yang bisa kamu lewati.

  • Dari kota Gorontalo, dimulai dari Jl. Diponegoro lanjut ke Jl. Prof. Dr. H.B Jassin. Setelah melewati bundaran ambil arah ke Jl. Cendrawasih – Jl. Sultan Botutihe – Jl. Pasar Minggu – Danau Perintis.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Fasilitas yang Tersedia

Untuk memasuki kawasan wisata Danau Perintis, pengunjung tidak dibebankan biaya apapun.

Jadi kamu bisa menikmati suasana alam danau yang cantik ini secara gratis. Akan tetapi meskipun begitu, tetap jaga kebersihan lingkungan di sekitarnya, ya.

Sementara itu, untuk jam buka operasionalnya sendiri tidak ada batasan waktu alias 24 jam buka. Artinya kamu bisa mengunjungi Danau Perintis kapan saja tanpa harus takut tempatnya tutup.

Fasilitas yang ada di Danau Perintis bisa dibilang cukup, meski tidak bisa dianggap memuaskan. Meskipun tak bisa berharap banyak, namun setidaknya cukup untuk membuat pengunjung merasa nyaman saat berada di tempat ini.

Karena memang tempat wisata ini bisa dibilang masih butuh banyak perhatian dari segi fasilitas umumnya. Berikut beberapa fasilitas yang ada diantaranya.

  • Toilet umum
  • Warung
  • Tempat duduk dan berteduh untuk beristirahat dan bersantai
  • Spot foto

Nah demikian tadi informasi menarik tentang wisata Danau Perintis di Bone Bolango, Gorontalo. Salah satu destinasi wisata murah yang sayang dilewatkan selagi ada di Bone Bolango.

Meskipun fasilitas umumnya belum semenarik tempat wisata yang lainnya, tapi jangan remehkan pesonanya.

Jangan lupa juga mampir berswafoto di center point ya, lokasinya berdekatan kok.

Semoga destinasi ini segera mendapatkan perhatian pemerintah setempat, agar tempatnya bisa semakin maju dan berkembang.

Posted by
Afif

Penggemar Wisata Kuliner & Ekowisata | Buah Cinta Gorontalo, Mencintai Gorontalo, Penjelajah Gorontalo bersama Cinta