Bone Bolango, Destinasi Wisata

Bukit Arang Lonuo, Tribun Alam dengan Pertunjukan Cahaya Lampu Gorontalo

 Advertisement

Wisata Gorontalo yang akhir-akhir ini viral, tepatnya di bulan Juni 2020, apa lagi kalau bukan Bukit Arang Lonuo.

Bukan hanya di kalangan pendaki ataupun pecinta alam yang biasa muncak, tapi juga bagi banyak netizen Gorontalo.

Gimana gak viral sob, puncak yang menyajikan keindahan spesial ini dipromosikan langsung oleh salah satu tokoh di Kabupaten Bone Bolango.

Siapa dia? Bupati Bone Bolango, Bapak Hamim Pou. Beliau sendiri lho yang upload video tentang destinasi wisata baru ini di media sosial facebook.

Lokasi Puncak Bukit Arang

Desa Lonuo, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone bolango adalah lokasi dimana Bukit Arang berada.

Untuk menemukan lokasinya cukup mudah, kalau berangkat dari Kota maupun Kabupaten Gorontalo, sobat Wigo hanya perlu berpatokan ke Rumah Sakit Toto Kabila.

Selanjutnya arahkan kendaraan kamu menuju ke timur, melewati rumah makan Meranti, sampai ke SMPN 1 Tilongkabila, belok ke kiri atau utara.

Sekitar 100 meter kemudian setelah melewati Pasar Bongoime, di pertigaan yang terdapat pepohonan jati, silahkan belok ke kanan memasuki desa Tamboo.

Tak jauh setelah desa Tamboo, kamu akan memasuki perbatasan desa Lonuo.

Sampai di sebuah perempatan dimana ada sebuah masjid di ujung kiri, kamu akan menemukan petunjuk arah menuju bukit Arang, tinggal diikuti saja ya sob.

Pemandangan Unik Bukit Arang

Spot Utama Bukit Arang, Camping Ground |Dok. Ekslusif @fadzlyshiddiq

Saat kaki menjejak lokasi terbuka ini, sekilas nampak biasa saja, hanya sebuah tanah gersang tandus kurang lebih seluas lapangan sepakbola .

Tapi jangan salah, tempat yang biasanya menjadi camping ground ini memang biasa, tapi pemandangan yang tersaji benar-benar luar biasa!

Dari puncak bukit, sobat Wigo bisa melihat landskap daratan utama Gorontalo, meliputi wilayah Kabupaten Bone Bolango, Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo.

Persawahan yang membentang luas bak lapangan sepakbola raksasa, indah di pandang mata bersama perbukitan dan pegunungan mengitari di sekelilingnya.

Panorama cantik Gorontalo diselimuti kabut pagi| Dok. Ekslusif @jarangplng_

Pohon kelapa yang mendominasi sejauh mata memandang, membuat kita sadar betapa kayanya Gorontalo dengan pohon kelapa.

Bahkan, Danau Limboto yang cukup jauh jaraknya nampak terlihat cantik dalam jangkauan pandangan mata.

Di sebelah selatan, laut lepas Teluk Tomini juga terlihat, melengkapi panorama yang bisa kamu nikmati.

Jika kalian penikmat senja, datanglah di sore hari karena sore hari sangat syahdu tuk dinikmati di ketinggian bukit ini.

Spot utama bukit ini adalah sebuah tanah yang lapang tanpa ditumbuhi rerumputan, menjadi tempat para wisatawan menggelar tenda untuk bermalam.

Nah, ini dia yang unik dan menarik dari Bukit Arang Lonuo!

Jika Jogja punya Bukit Bintang, Semarang dengan Bukit Gombelnya, Bandung yang memiliki Bukit Moko, maka Gorontalo punya Bukit Arang Lonuo!

Pemandangan menakjubkan berupa langit bertaburan bintang yang masih bersih dari polusi, berpadu dengan kerlip lampu kota Gorontalo, sungguh memanjakan mata para traveller.

Setelah sunset berlalu dan gelap datang, bercengkrama ditemani kopi hangat menikmati perunjukan cahaya lampu Gorontalo akan menjadi momen asyik pelengkap liburan!

Waktu Terbaik Berkunjung & Wisata Terdekat

Mau ngetrip ke Bukit Arang? Jika kamu penikmat lautan awan ataupun kabut, datanglah saat musim hujan, walaupun resikonya jalan yang sangat becek.

Sore hari jadi waktu yang tepat untuk menikmati sunset, berlanjut malam dengan suguhan langit bertabur bintang dan cahaya lampu kota.

Fyi, Bukit Arang untuk sementara belum mematok tarif masuk untuk setiap pengjunjungnya.

Kedepan mungkin akan di pungut biaya terkait pengadaan fasilitas dan pemeliharaannya sebagai objek wisata, demi kenyamanan dan kepuasan wisatawan.

Kalau main ke Bukit Arang, sobat Wigo juga bisa berkunjung ke wisata terdekat, yaitu Puncak Peyapata yang biasanya para pendaki menyebutnya KPG (Kabut Pegunungan Gorontalo).

Posted by
Aliun Moses

Pegiat Eduwisata, Sebagian besar waktu luang dihabiskan untuk explore tempat-tempat terindah di Gorontalo